Aneka Macam Kopi Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Belitang III, OKU Timur

Aneka Macam Kopi Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Belitang III, OKU Timur


Aneka Macam Kopi Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Belitang III, OKU Timur - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Belitang III, OKU Timur


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling kentara yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel dalam blog Aneka Macam Kopi Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Belitang III, OKU Timur, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments