Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Gunung Anyar Tambak

Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Gunung Anyar Tambak


Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Gunung Anyar Tambak - Biar makin ramai pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Gunung Anyar Tambak


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel dalam blog Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Gunung Anyar Tambak, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments