Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Kios Mesin Coffee Maker di Sukajaya, Sabang

Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Kios Mesin Coffee Maker di Sukajaya, Sabang


Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Kios Mesin Coffee Maker di Sukajaya, Sabang - Meski semakin ramai pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua sudah mengetahui karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Kios Mesin Coffee Maker di Sukajaya, Sabang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di blog Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Kios Mesin Coffee Maker di Sukajaya, Sabang, semoga ada gunanya.

0 comments