Cara Membuat Kopi Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Batangan, Pati

Cara Membuat Kopi Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Batangan, Pati


Cara Membuat Kopi Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Batangan, Pati - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Batangan, Pati


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel dalam web Cara Membuat Kopi Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Batangan, Pati, mudah-mudahan bermakna.

0 comments