Cara Meracik Kopi Aceh – Toko Online Pembuat Kopi Di Cibeber, Cilegon

Cara Meracik Kopi Aceh – Toko Online Pembuat Kopi Di Cibeber, Cilegon


Cara Meracik Kopi Aceh – Toko Online Pembuat Kopi Di Cibeber, Cilegon - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Aceh – Toko Online Pembuat Kopi Di Cibeber, Cilegon


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam blog Cara Meracik Kopi Aceh – Toko Online Pembuat Kopi Di Cibeber, Cilegon, semoga berpengaruh.

0 comments