Cara Meracik Kopi Enak – Jual Coffee Maker Di Syamtalira Bayu, Aceh Utara

Cara Meracik Kopi Enak – Jual Coffee Maker Di Syamtalira Bayu, Aceh Utara


Cara Meracik Kopi Enak – Jual Coffee Maker Di Syamtalira Bayu, Aceh Utara - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Enak – Jual Coffee Maker Di Syamtalira Bayu, Aceh Utara


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi dalam halaman Cara Meracik Kopi Enak – Jual Coffee Maker Di Syamtalira Bayu, Aceh Utara, mudah-mudahan bermakna.

0 comments