Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Bandar Sribhawono, Lampung Timur

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Bandar Sribhawono, Lampung Timur


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Bandar Sribhawono, Lampung Timur - Kendati makin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Bandar Sribhawono, Lampung Timur


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi di halaman Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Bandar Sribhawono, Lampung Timur, moga-moga bermakna.

0 comments