Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Padang Aro

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Padang Aro


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Padang Aro - Meski semakin ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah mengerti keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Padang Aro


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah di website Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Padang Aro, semoga berguna.

0 comments