Jenis Kopi Arabika Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Mancak, Serang

Jenis Kopi Arabika Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Mancak, Serang


Jenis Kopi Arabika Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Mancak, Serang - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Mancak, Serang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun keunikan setidaknya gamblang yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di web Jenis Kopi Arabika Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Mancak, Serang, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments