Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker di Seruyan

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker di Seruyan


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker di Seruyan - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengerti keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker di Seruyan


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di blog Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker di Seruyan, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments