Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Bendul Merisi

Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Bendul Merisi


Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Bendul Merisi - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua telah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Bendul Merisi


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel dalam web Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Bendul Merisi, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments