Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Coffee Maker di Way Khilau, Pesawaran

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Coffee Maker di Way Khilau, Pesawaran


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Coffee Maker di Way Khilau, Pesawaran - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Coffee Maker di Way Khilau, Pesawaran


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah dalam web Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Coffee Maker di Way Khilau, Pesawaran, moga-moga berguna.

0 comments