Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Coffee Maker di Batu Ampar, Kutai Timur

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Coffee Maker di Batu Ampar, Kutai Timur


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Coffee Maker di Batu Ampar, Kutai Timur - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Coffee Maker di Batu Ampar, Kutai Timur


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan dalam blog Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Coffee Maker di Batu Ampar, Kutai Timur, semoga bermakna.

0 comments