Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Mesin Coffee Maker di Wringinanom, Gresik

Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Mesin Coffee Maker di Wringinanom, Gresik


Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Mesin Coffee Maker di Wringinanom, Gresik - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Mesin Coffee Maker di Wringinanom, Gresik


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun kekhasan paling jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di web Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Mesin Coffee Maker di Wringinanom, Gresik, moga-moga bermakna.

0 comments