Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Sumbang, Banyumas

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Sumbang, Banyumas


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Sumbang, Banyumas - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengerti kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Sumbang, Banyumas


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam halaman Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Sumbang, Banyumas, semoga ada manfaatnya.

0 comments