Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Online Coffee Maker Di Bondowoso

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Online Coffee Maker Di Bondowoso


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Online Coffee Maker Di Bondowoso - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Online Coffee Maker Di Bondowoso


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan di halaman Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Online Coffee Maker Di Bondowoso, moga-moga bermakna.

0 comments