Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Pembuat Kopi di Cilacap Selatan, Cilacap

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Pembuat Kopi di Cilacap Selatan, Cilacap


Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Pembuat Kopi di Cilacap Selatan, Cilacap - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Pembuat Kopi di Cilacap Selatan, Cilacap


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun ciri khas paling jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di web Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Pembuat Kopi di Cilacap Selatan, Cilacap, semoga berguna.

0 comments