Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Pembuat Kopi Di Gajah Putih, Bener Meriah

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Pembuat Kopi Di Gajah Putih, Bener Meriah


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Pembuat Kopi Di Gajah Putih, Bener Meriah - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kamu semua pernah paham karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Pembuat Kopi Di Gajah Putih, Bener Meriah


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi dalam halaman Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Pembuat Kopi Di Gajah Putih, Bener Meriah, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments