Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Pembuat Kopi Di Aceh Barat Daya

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Pembuat Kopi Di Aceh Barat Daya


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Pembuat Kopi Di Aceh Barat Daya - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Pembuat Kopi Di Aceh Barat Daya


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi di website Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Pembuat Kopi Di Aceh Barat Daya, semoga ada gunanya.

0 comments