Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Coffee Maker Di Musuk, Boyolali

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Coffee Maker Di Musuk, Boyolali


Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Coffee Maker Di Musuk, Boyolali - Biar makin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua sudah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Coffee Maker Di Musuk, Boyolali


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di bermacam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun keunikan setidaknya jelas yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di web Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Coffee Maker Di Musuk, Boyolali, semoga ada manfaatnya.

0 comments