Khasiat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Senayang, Lingga

Khasiat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Senayang, Lingga


Khasiat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Senayang, Lingga - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengerti karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Senayang, Lingga


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di blog Khasiat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Senayang, Lingga, moga-moga berpengaruh.

0 comments