Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Playen, Gunung Kidul

Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Playen, Gunung Kidul


Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Playen, Gunung Kidul - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah tahu ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Playen, Gunung Kidul


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi di web Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Playen, Gunung Kidul, semoga bermakna.

0 comments