Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Pembuat Kopi di Semparuk, Sambas

Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Pembuat Kopi di Semparuk, Sambas


Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Pembuat Kopi di Semparuk, Sambas - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Pembuat Kopi di Semparuk, Sambas


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan dalam blog Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Pembuat Kopi di Semparuk, Sambas, moga-moga berpengaruh.

0 comments