Macam Kopi Di Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Pulo Aceh, Aceh Besar

Macam Kopi Di Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Pulo Aceh, Aceh Besar


Macam Kopi Di Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Pulo Aceh, Aceh Besar - Biar makin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Di Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Pulo Aceh, Aceh Besar


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun ciri khusus paling kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah dalam halaman Macam Kopi Di Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Pulo Aceh, Aceh Besar, semoga bermakna.

0 comments