Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi di Moro'รถ, Nias Barat

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi di Moro'รถ, Nias Barat


Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi di Moro'รถ, Nias Barat - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi di Moro'รถ, Nias Barat


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan dalam web Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi di Moro'รถ, Nias Barat, semoga berguna.

0 comments