Macam Rasa Kopi Gayo – Online Shop Mesin Coffee Maker di Lahomi

Macam Rasa Kopi Gayo – Online Shop Mesin Coffee Maker di Lahomi


Macam Rasa Kopi Gayo – Online Shop Mesin Coffee Maker di Lahomi - Biar makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, kendati berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Gayo – Online Shop Mesin Coffee Maker di Lahomi


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam blog Macam Rasa Kopi Gayo – Online Shop Mesin Coffee Maker di Lahomi, moga-moga berguna.

0 comments