Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit – Toko Online Pembuat Kopi di Sidikalang, Dairi

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit – Toko Online Pembuat Kopi di Sidikalang, Dairi


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit – Toko Online Pembuat Kopi di Sidikalang, Dairi - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit – Toko Online Pembuat Kopi di Sidikalang, Dairi


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel di web Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit – Toko Online Pembuat Kopi di Sidikalang, Dairi, mudah-mudahan bermakna.

0 comments