Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Simalungun

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Simalungun


Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Simalungun - Kendati kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah paham karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Simalungun


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah di blog Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Simalungun, semoga ada gunanya.

0 comments