Manfaat Kopi Hijau – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Pabuaran, Serang

Manfaat Kopi Hijau – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Pabuaran, Serang


Manfaat Kopi Hijau – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Pabuaran, Serang - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah tahu keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Pabuaran, Serang


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun keunikan paling kentara adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel dalam blog Manfaat Kopi Hijau – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Pabuaran, Serang, semoga bermanfaat.

0 comments