Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Coffee Maker di Rumbio Jaya, Kampar

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Coffee Maker di Rumbio Jaya, Kampar


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Coffee Maker di Rumbio Jaya, Kampar - Biar kian ramai pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah tahu keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Coffee Maker di Rumbio Jaya, Kampar


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi di web Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Coffee Maker di Rumbio Jaya, Kampar, mudah-mudahan bermakna.

0 comments