Manfaat Kopi Untuk Wajah Dan Rambut – Online Shop Coffee Maker Di Bilah Barat, Labuhanbatu

Manfaat Kopi Untuk Wajah Dan Rambut – Online Shop Coffee Maker Di Bilah Barat, Labuhanbatu


Manfaat Kopi Untuk Wajah Dan Rambut – Online Shop Coffee Maker Di Bilah Barat, Labuhanbatu - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Wajah Dan Rambut – Online Shop Coffee Maker Di Bilah Barat, Labuhanbatu


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di beragam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel di blog Manfaat Kopi Untuk Wajah Dan Rambut – Online Shop Coffee Maker Di Bilah Barat, Labuhanbatu, semoga berpengaruh.

0 comments