Membuat Kopi Susu Sederhana – Kios Pembuat Kopi Di Kledung, Temanggung

Membuat Kopi Susu Sederhana – Kios Pembuat Kopi Di Kledung, Temanggung


Membuat Kopi Susu Sederhana – Kios Pembuat Kopi Di Kledung, Temanggung - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Sederhana – Kios Pembuat Kopi Di Kledung, Temanggung


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun keunikan paling mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam web Membuat Kopi Susu Sederhana – Kios Pembuat Kopi Di Kledung, Temanggung, semoga ada gunanya.

0 comments