Membuat Lulur Kopi Sendiri – Toko Coffee Maker di Rungan Hulu, Gunung Mas

Membuat Lulur Kopi Sendiri – Toko Coffee Maker di Rungan Hulu, Gunung Mas


Membuat Lulur Kopi Sendiri – Toko Coffee Maker di Rungan Hulu, Gunung Mas - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua sudah mengerti ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Lulur Kopi Sendiri – Toko Coffee Maker di Rungan Hulu, Gunung Mas


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel dalam blog Membuat Lulur Kopi Sendiri – Toko Coffee Maker di Rungan Hulu, Gunung Mas, moga-moga ada gunanya.

0 comments