Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Jual Pembuat Kopi di Ponorogo, Ponorogo

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Jual Pembuat Kopi di Ponorogo, Ponorogo


Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Jual Pembuat Kopi di Ponorogo, Ponorogo - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Jual Pembuat Kopi di Ponorogo, Ponorogo


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam halaman Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Jual Pembuat Kopi di Ponorogo, Ponorogo, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments