Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Penjual Pembuat Kopi di Minas, Siak

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Penjual Pembuat Kopi di Minas, Siak


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Penjual Pembuat Kopi di Minas, Siak - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, kendati berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengerti keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Penjual Pembuat Kopi di Minas, Siak


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel di halaman Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Penjual Pembuat Kopi di Minas, Siak, semoga bermanfaat.

0 comments