Meracik Kopi Yg Enak – Toko Mesin Coffee Maker di Bojongsari, Depok

Meracik Kopi Yg Enak – Toko Mesin Coffee Maker di Bojongsari, Depok


Meracik Kopi Yg Enak – Toko Mesin Coffee Maker di Bojongsari, Depok - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Yg Enak – Toko Mesin Coffee Maker di Bojongsari, Depok


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun keunikan paling kentara yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel di website Meracik Kopi Yg Enak – Toko Mesin Coffee Maker di Bojongsari, Depok, semoga bermanfaat.

0 comments