Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Lirik, Indragiri Hulu

Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Lirik, Indragiri Hulu


Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Lirik, Indragiri Hulu - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Lirik, Indragiri Hulu


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi di blog Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Lirik, Indragiri Hulu, moga-moga bermanfaat.

0 comments