Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Lembah Masurai, Merangin

Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Lembah Masurai, Merangin


Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Lembah Masurai, Merangin - Biar semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengerti karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Lembah Masurai, Merangin


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam blog Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Lembah Masurai, Merangin, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments