10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Coffee Maker di Tanah Jambo Aye, Aceh Utara

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Coffee Maker di Tanah Jambo Aye, Aceh Utara


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Coffee Maker di Tanah Jambo Aye, Aceh Utara - Meski semakin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah mengerti karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Coffee Maker di Tanah Jambo Aye, Aceh Utara


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah dalam halaman 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Coffee Maker di Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, semoga berguna.

0 comments