Jenis Kopi Arabika – Jual Pembuat Kopi di Enrekang

Jenis Kopi Arabika – Jual Pembuat Kopi di Enrekang


Jenis Kopi Arabika – Jual Pembuat Kopi di Enrekang - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika – Jual Pembuat Kopi di Enrekang


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi dalam blog Jenis Kopi Arabika – Jual Pembuat Kopi di Enrekang, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments