Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sosa, Padang Lawas

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sosa, Padang Lawas


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sosa, Padang Lawas - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sosa, Padang Lawas


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi dalam halaman Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sosa, Padang Lawas, semoga ada gunanya.

0 comments