Jenis Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Ngasem, Kediri

Jenis Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Ngasem, Kediri


Jenis Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Ngasem, Kediri - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Ngasem, Kediri


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan di website Jenis Kopi Robusta – Online Shop Coffee Maker Di Ngasem, Kediri, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments