Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Pembuat Kopi di Jaya, Aceh Jaya

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Pembuat Kopi di Jaya, Aceh Jaya


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Pembuat Kopi di Jaya, Aceh Jaya - Kendati makin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Pembuat Kopi di Jaya, Aceh Jaya


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah di blog Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Pembuat Kopi di Jaya, Aceh Jaya, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments