Jenis Kopi Untuk Diet – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Alun-Alun Contong

Jenis Kopi Untuk Diet – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Alun-Alun Contong


Jenis Kopi Untuk Diet – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Alun-Alun Contong - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Untuk Diet – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Alun-Alun Contong


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam halaman Jenis Kopi Untuk Diet – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Alun-Alun Contong, semoga ada gunanya.

0 comments