Jenis Kopi Untuk Diet – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Cikande, Serang

Jenis Kopi Untuk Diet – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Cikande, Serang


Jenis Kopi Untuk Diet – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Cikande, Serang - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua telah paham karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Untuk Diet – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Cikande, Serang


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun keunikan paling gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan dalam website Jenis Kopi Untuk Diet – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Cikande, Serang, semoga berguna.

0 comments