Jenis Minuman Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Payung, Bangka Selatan

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Payung, Bangka Selatan


Jenis Minuman Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Payung, Bangka Selatan - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Payung, Bangka Selatan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam halaman Jenis Minuman Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Payung, Bangka Selatan, semoga bermanfaat.

0 comments