Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Coffee Maker Di Laweyan, Surakarta

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Coffee Maker Di Laweyan, Surakarta


Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Coffee Maker Di Laweyan, Surakarta - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Coffee Maker Di Laweyan, Surakarta


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit dan hama.

Adapun keunikan paling gamblang adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di halaman Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Coffee Maker Di Laweyan, Surakarta, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments