Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Coffee Maker Di Jatisari, Karawang

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Coffee Maker Di Jatisari, Karawang


Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Coffee Maker Di Jatisari, Karawang - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah paham kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Coffee Maker Di Jatisari, Karawang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun keunikan paling kentara yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam halaman Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Coffee Maker Di Jatisari, Karawang, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments