Khasiat Kopi Pak Belalang – Jual Mesin Coffee Maker di Gatak, Sukoharjo

Khasiat Kopi Pak Belalang – Jual Mesin Coffee Maker di Gatak, Sukoharjo


Khasiat Kopi Pak Belalang – Jual Mesin Coffee Maker di Gatak, Sukoharjo - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari varietasnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pak Belalang – Jual Mesin Coffee Maker di Gatak, Sukoharjo


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah di website Khasiat Kopi Pak Belalang – Jual Mesin Coffee Maker di Gatak, Sukoharjo, moga-moga ada gunanya.

0 comments