Khasiat Kopi Rerama – Jual Mesin Pembuat Kopi di Langkapura, Bandar Lampung

Khasiat Kopi Rerama – Jual Mesin Pembuat Kopi di Langkapura, Bandar Lampung


Khasiat Kopi Rerama – Jual Mesin Pembuat Kopi di Langkapura, Bandar Lampung - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama – Jual Mesin Pembuat Kopi di Langkapura, Bandar Lampung


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam website Khasiat Kopi Rerama – Jual Mesin Pembuat Kopi di Langkapura, Bandar Lampung, semoga berguna.

0 comments